Ma’had Aly Termas Gelar Wisuda Perdana

Ma’had Aly Termas atau Pesantren Tinggi Attarmasi Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan menggelar rapat senat terbuka dalam rangka wisuda Sarjana ‘Alimiyah (S.A) tahun akademik 1435 H/ 2014 M, Rabu (18/6) malam.
Sebanyak 33 Mahasantri dari angkatan pertama dan kedua diwisuda oleh Mudir Ma’had Aly Attarmasi KH. Luqman Harist Dimyathi. Mereka dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Sarjana ‘Alimiyah ( S.A) pada konsentrasi Ilmu Fiqh dan Usul Fiqh.
KH. Luqman Harist Dimyathi dalam sambutanya menyampaikan ungkapan syukur yang sangat besar atas terselenggaranya Wisuda Perdana Ma’had Aly ini. Ma’had Aly Attarmasi yang diresmikan oleh Menteri PDT RI Lukman Edy pada tahun 2006 lalu merupakan kebangkitan dari sebuah lembaga yang bernama Qismunnidhom yang pernah didirikan oleh Almagfurlah Kyai Hamid Dimyathi sekitar tahun 1934 silam.
“Berdirinya Ma’had Aly Attarmasi mendapat dukungan dan respon yang sangat positif dari para masyayikh, alm. KH. Sahal Mahfud Rais Aam PBNU Waktu itu dan KH. Said Aqil Siroj juga turut memberikan do’a restu,” Ungkapnya mengenang awal-awal didirikanya Ma’had Aly.
Ma’had Aly, kata Luqman Harits, merupakan sebuah lembaga pasca aliyah yang didirikan dalam rangka menyiapkan kader-kader ulama yang menguasai khazanah keilmuan kepesantrenan yang sangat dibutuhkan pasa masa kini.
Kiai muda yang tercatat sebagai wakil Ketua PWNU Jatim itu  berharap kepada para lulusan Ma’had aly agar jangan merasa puas dengan keilmuan yang telah dimilikinya, harus terus mengembangkan keilmuanya dengan tetap melanjutkan belajar kapanpun dan dimanapun berada.
Lebih lanjut, KH. Fuad Habib Dimyathi Pimpinan Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan juga berpesan tentang pentingnya mengamalkan ilmu yang telah di peroleh di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan. lebih- lebih bagi yang telah bertambah ilmunya harus bertambah pula kemuliaan Akhlaqnya, bertambah rasa tawadhuknya, bertambah baik amualnya dan semakin bertambah dekat serta takut kepada Allah SWT.
Sementara itu, Sekjen Pengurus Pusat RMI (Robithoh Ma’ahid Islamiyah) KH. Miftah Faqih yang hadir dalam acara tersebut memberikan orasi ilmiyah tentang kepesanterenan kepada para wisudawan dan segenap keluarga besar Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan serta hadirin yang memenuhi Halaman masjid Pondok Tremas.
Ia menyampaikan  kebangganya dengan adanya Ma’had Aly di Indonesia khususnya di Pondok Tremas.  yang mana lulusan ma’had aly sangat dibutuhkan pada masa dewasa ini karena indonesia tengah mengalami krisis ulama’. Indonesia tidak dapat lepas dari peran pesantren karena pesantren adalah lembaga pendidikan asli nusantara yang telah berdiri jauh sebelum negeri ini merdeka.
Acara Wisuda Perdana Sarjana ‘Alimiyah Ma’had Aly Attarmasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan Haflah Akhirudirosah dan Wisuda Purna Belajar santri kelas III aliyah Mu’adalah Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan. selain itu juga telah digelar beberapa kegiatan diantaraya penataran calon guru TPA/Madin, ikhtitamunnasyathot Osma-Orda dan konser musik gambus. (Zaenal Faizin/Anam)
Post: NU Online

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?