Khittah Nahdliyah - KH. Achmad Siddiq

"Risalah yang ada di tangan saudara ini adalah suatu yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh seluruh keluarga Nahdliyyin. (KH. Idham Cholid)
Risalah ini dapat dijadikan bahan petunjuk bagi para pemimpin Nahdlatul Ulama, terutama generasi mudanya untuk mengenal dan menghayati apa dan bagaimana Nahdlatul Ulama. (KH. Masykur)" 
Khittah Nahdliyah - KH. Achmad Siddiq - RMI NU, Media Pesantren
Khittah Nahdliyah - KH. Achmad Siddiq
Judul Buku : Khittah Nahdliyah
Penulis : KH. Achmad Siddiq
Penerbit : Khalista
Tahun Terbit : Cetakan Ke- III, 2005
Dimensi : 12 x 18 cm
Halaman : xxi + 105

Khittah Nahdliyah - KH. Achmad Siddiq

Risalah yang ada di tangan saudara ini adalah suatu yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh seluruh keluarga Nahdliyyin. (KH.Idham Cholid)
Risalah ini dapat dijadikan bahan petunjuk bagi para pemimpin NU, terutama generasi mudanya untuk mengenal dan menghayati apa dan bagaimana Nahdlatul Ulama. (KH. Masykur)
Buku ini adalah tulisan al-Maghfurlah KH. Achmad Siddiq pada tahun 1979 yang sempat dibagikan kepada peserta Muktamar 26 Nahdlatul Ulama di Semarang meskipun belum menjadi acara pembahasan, apalagi keputusan. Namun bagaimanapun, buku ini merupakan bahan pembahasan dan perngolahan, berakhir pada keputusan Muktamar ke 27 Nahdlatul Ulama di Situbondo dalam wujud naskah “Khittah Nahdlatul Ulama”.
Barangkali ada manfaatnya kita menelaah salah satu bahan penting perumusan tersebut. Maka diusahakan penerbitan ulang dalam keadaan aslinya, untuk menghayati kejiwaan Khittah Nahdlatul Ulama selengkap mungkin. (KH. Abdul Muchith Muzadi)
Demi masa depa yang masih panjang, samudera perjuangan yang belum tampak tepinya, generasi demi generasi yang masih harus berganti, maka kebutuhan akan perumusan Khittah perlu segera terpenuhi.
Sebagai salah seorang dari generasi “antara” yang masih sempat berguru pada generasi pendiri dan sempat pula mengikuti arus dan irama perjuangan Nahdlatul Ulama selama empat puluh tahunan, KH. Achmad Siddiq telah berhasil menampikan satu perumusan Khittah Nahdliyah, yang berisi sebelas poin, meliputi:

  1. Ciri Diniyyah
  2. Kedudukan Ulama
  3. Ahlusunnah wal Jamaah
  4. Bahaya-bahaya bagi kemurnian Ajaran Agama Islam
  5. Sistem Bermadzhab
  6. Karakter At-Tawasuth wa I’tidal
  7. Pola Beriorganisasi
  8. Konsep Dakwah
  9. Ma’arif
  10. Mabarrat
  11. Ekonomi Muamalah dan Rumusan Izzul Islam wal Muslimin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?