Innalillahi HM. Fajrul Falaakh Mantan Ketua PBNU Wafat

RMI NU, Media Pesantren

Innalillahi HM. Fajrul Falaakh Mantan Ketua PBNU Wafat
Innalillahi
HM. Fajrul Falaakh
Mantan Ketua PBNU Wafat
Inna lillahi wa inna ilaihi ro’jiun. Mantan Ketua PBNU, ahli hukum tata negara HM. Fajrul Falaakh meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta, Rabu (12/2) hari ini, sekitar pukul 13.10 WIB. Jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Dato Tonggara No 8, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Informasi disampaikan adik Fajrul Falaakh, M Romahurmuzi melalui pesan singkat yang diterima NU Online. Almarhum meninggal karena sakit dan sempat dirawat karena mengalami gagal ginjal.

Anggota Komisi Hukum Nasional itu lahir di Gresik Jawa Timur, tanggal 2 April 1959 silam. Ia bergelut di bidang ilmu hukum sejak menempuh pendidikan di  Fakultas Hukum UGM Yogyakarta. Ia juga sempat memperdalam ilmu hukum di Inggris dan Amerika Serikat.

Fajrul Falaakh menjadi anggota majelis Dewan Kehormatan Pusat Perhimpunan Advokat Indonesia (sejak 2008), dan anggota Komisi Hukum Nasional RI (sejak 2000). Ia juga memperoleh Satya Lencana Pengabdian 17 tahun dari Presiden RI tahun 2004.

Fajrul Falaakh dikenal anak-anak muda NU sebagai sosok senior yang mumpuni di bidang ilmu hukum dan tata negara. Menurut mantan Ketua Umum IPNU H Asrorun Niam, meski aktif di bidang akademis, Fajrul tetap selalu mendampingi anak muda NU dan para aktivis. Ia memberikan banyak informasi dalam persoalan hukum dan tata negara.

“Pada saat anak muda NU larut di dunia aktivis, beliau malah berkecimpung di dunia akademis. Beliau merupakan inspirasi zamannya. Kita tentunya merasa sangat kehilangan sosok yang mengayomi dan aktif mendampingi anak-anak muda,” kata Niam. 

Putra pendiri IPNU KH Tholchah Mansyur, kakak kandung Mantan Ketua Umum IPPNU Safira Rosa Machrusah itu masuk dalam kepengurusan NU di tingkat pusat pada periode kepengurusan KH Hasyim Muzadi, sebagai salah satu Ketua PBNU yang membidangi persoalan hukum.

Ucapan belasungkawa dan doa disampaikan teman-teman aktivis NU di media sosial: 
"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia sahabat dan guru kita HM. Fajrul Falaakh siang tadi di RS Harapan Kita (info terakhir di singapura). Semoga almarhum husnul khotimah" Akun Facebook Ahmad Fikri Af

"Bangsa Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya, telah berpulang ke rahmatullah Sahabat HM Fajrul Falaakh, SH, MA (Komisi Hukum Nasional dan Dosen FH UGM). Selamat jalan mas Fajrul, semoga perjuanganmu dalam melakukan pembangunan hukum nasional menjadi amal ibadah di sisi Allah swt. Beliau merupakan sosok pribadi yang hangat dalam melayani diskusi2 aktifis mahasiswa, khususnya soal perkembangan politik hukum nasional dalam dua dasa warsa terakhir. Mohon keikhlasannya untuk membacakan suratul Fatihah: 'ala hadzihiniyyah wa likulli niatin shalihah, syai'u lillahi lahul Fatihah...#Duka Cita yang mendalam## Akun Facebook M. Agus Susilo

"Ikut berduka atas meninggalnya mas fajrul falaakh, salah satu putra terbaik NU." Akun Twitter

"Takziyah alm Prof Dr M Fajrul Falaakh, M.H pengajar FH UGM Jogja di Jl Dato Tonggara no 8 Kramat Jati Jaktim" Akun Twitter

Semoga almarhum mendapat tempat terbaik disisi-Nya. Lahul Fatihah. 


Post: NU Online
Link: http://nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,50135-lang,id-c,nasional-t,Fajrul+Falaakh++Mantan+Ketua+PBNU+Meninggal+Dunia-.phpx

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?