Lomba Baca Kitab Nahwu Ramaikan Silaturahmi Santri di Rembang


RMI NU, Media Pesantren,
Rembang - Sebanyak 80 santri dari pelbagai pesantren di Rembang menggelar pertemuan di Pesantren Alhamdulillah desa Kemadu, kecamatan Sulang, kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Selasa (24/12) pagi. Dalam rangka silaturahmi santri antarpesantren, mereka hadir sebagai peserta lomba membaca kitab nahwu.


Kepala penerangan pesantren dan sekolah kementerian agama (Kemenag) Rembang Musthofa menjelaskan, acara itu merupakan kali pertama digelar di Rembang. Rembang agak terlambat untuk membuat lomba seperti ini dibanding kabupaten di lain daerah.



Lebih lanjut Musthofa mengatakan, lomba dibagi menjadi dua kategori, Wustho dan Ulya. Sejauh ini usia peserta berkisar antara 15 sampai 19 tahun. Dari tujuh ratus lebih pondok pesantren di Rembang, hanya sebanyak 15 pesantren mengikuti lomba.



Sementara kitab yang diperlombakan antara lain, Nahwu Jurumiyah untuk ula, imriti untuk wustho, dan Alfiyah untukk ulya.



Ali Fatkhurrahman, santri asal pesantren Al-Hamdulillah menyatakan motivasi mengikuti lomba bukan semata menginginkan hadiah. Tetapi ia ingin berbagi pengalaman dan menimba ilmu melalui perlombaan.



Kalau saja bisa menjadi juara, itu tidak menjadi prioritas, kata Ali.



Sementara Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutanya berpesan agar kaum santri tampil di depan. Karena hakekatnya derajat orang berilmu lebih tinggi. (Ahmad Asmu’i/Alhafiz K)


Post: NU Online
Repost: Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama - RMI NU - Media Pesantren

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?