Ma'had Al-Qudsiyah Menara Kudus
1
|
Nama Pesantren
|
Qudsiyyah Kudus
|
2
|
Alamat
|
Jl.K.H.R. Asnawi Gang Kerjasan Kudus Jateng
|
3
|
No. Statistik
|
51003319021
|
4
|
Tahun didirikan
|
2010
|
5
|
Tahun beroperasi
|
2010
|
6
|
Penyelenggara
|
Yayasan Pendidikan Islam (YAPIQ) Menara Kudus
|
7
|
Status Tanah
|
Waqaf
|
8
|
Luas tanah
|
± 1.500 m²
|
9
|
Nomor HM Waqaf
|
HM. 0164, 0165
|
10
|
Nama pimpinan
|
KH. Fathur Rahman
|
Proses Belajar Mengajar di Ma'had Al-Qudsiyah. (Image: galeri al-Qudsiyah) |
Sampai saat ini, pesantren
tetap menjadi warisan sekaligus kekayaaan budaya dan intelektual Nusantara.
Bahkan, dalam beberapa aspek tertentu, pesantren dapat dipahami sebagai benteng
pertahanan terhadap kebudayaan itu sendiri, karena peran sejarah yang
dibuktikannya. Harapan dimaksud, tentunya sangat mendorong pada penguatan dan
konstruk budaya yang telah digariskan oleh para pendirinya. Hal pokok yang
menjadi konsen pesantren adalah sebagai pusat pengembangan ilmu dan kebudayaan
yang berdimensi relijius dan motor penggerak transformasi bagi masyarakat dan
bangsanya.
Sejarah telah membuktikan
bahwa konsistensi pesantren terhadap manhaj al-fikr al-salafy (metode
berfikir sesuai nilai-nilai salaf) telah menjadikannya mampu bertahan dari
segala deraan dan tantangan zaman. Pesantren dapat bertahan dengan tegar ketika
sistem pendidikan yang lain hanya sibuk mengurusi politik dan birokrasi.
Demikian pula, pesantren juga tetap hidup dengan moderasi dan toleransinya
ketika muncul lembaga Islam lain yang justru mengarahkan peserta didiknya untuk
tidak toleran terhadap ummat lain.
Di tengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan segala
efek positif dan negatifnya, keniscayaan manusia masa depan yang tetap beriman
dan bertaqwa di satu sisi dan menjadi manusia yang cerdas, terampil, mandiri
serta sanggup berkompetisi dengan yang lain pada sisi lainnya merupakan obsesi
dan cita-cita yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu, generasi masa
depan harus dipersiapkan untuk mampu bertahan, bersaing dan memiliki kualitas
serta mumpuni dalam bidang tertentu. Jika tidak, mereka akan terkooptasi oleh
arus globalisasi dan modernisasi.
Untuk mewujudkan idealitas tersebut perlu dibangun kekuatan pribadi-pribadi
yang menjadi cikal bakal keluarga dan masyarakat. Mengingat pembangunan bangsa
memerlukan individu dalam keluarga dan masyarakat yang shalih, yang layak
memikul amanah yang dibebankan kepadanya, maka pembangunan pribadi menjadi
sesuatu yang niscaya. Dan untuk mencapai harapan tersebut perlu adanya upaya
serius dan bertanggung jawab karena ia adalah alat masyarakat yang terpenting
dalam melaksanakan tugas sosial demi kepentingan dan tujuan bersama, memperkuat
peradaban insani dan menegakkan nilai-nilai kebenaran.
Keshalihan pribadi lahir dari ketaqwaan yang bersifat individual sedangkan
keshalihan masyarakat lahir dari ketaqwaan yang bersifat kolektif. Mereka
secara bersama-sama memiliki kesadaran sejarah, kesadaran tentang fakta sosial
dan kesadaran tentang keharusan melakukan perubahan sebagai perwujudan
kewajibannya sebagai makhluk moral dalam melaksanakan misi otentiknya, yaitu
membangun peradaban.
Kudus, sebagai satu-satunya
kota di Indonesia yang menggunakan kata Arab “quds”, pernah tercatat mampu
menanamkan nilai-nilai salafi, bahkan melahirkan tokoh-tokoh intelektual yang diakui secara
regional dan internasional. KH. Raden Asnawi, Ulama’ besar kota Kudus yang
pernah mukim di Makkah, telah menggagas berdirinya madrasah Qudsiyyah pada
tahun 1917 M. Bersama para kiai di Kudus, seperti KH. Abdullah Faqih, KH.
Shofwan Duri, KH. Kamal Hambali, RH. Dahlan, RH. Abdul Hamid, R. Sujono, KH.
Jazri Tanggulangin, HM. Zuhri Asnawi dan lain-lain.
Mereka menjadi ulama besar
yang benar-benar produktif dalam berkarya serta tetap tidak kehilangan
orientasi praksis mereka. Mereka mampu memadukan antara iman dan amal soleh,
serta antara rasionalitas dan spiritualitas. Lebih dari itu, mereka tetap tidak kehilangan kesederhanaan dan
kerendahatian mereka.
Bertolak dari pemikiran itu kami berupaya untuk membangun suatu institusi
yang diharapkan akan mampu menjawab kebutuhan umat dalam menyongsong masa
depan, sehingga apa yang kita citakan bersama untuk merealisasikan kembali
predikat Khairu Ummah yang Rahmatan lil 'alamin dapat terlaksana.
Sebagai ikhtiar untuk mempertahankan visi tersebut melawan gerusan
peradaban, maka didirikanlah Ma’had
Qudsiyyah Menara Kudus yang berkonsentrasi pada aspek ulumul fiqh.
Konsentrasi ini menjadi signifikan karena dari waktu ke waktu masyarakat terus
dihadapkan pada problem hukum Islam seiring dengan percepatan peradaban,
sehingga ummat dapat melakukan pembacaan kreatif terhadap khazanahnya, mampu
melakukan kontekstualisasi dalam peradaban modern yang terus mengepung, tidak
terjebak pada pengentalan normatif dan romantisme masa lalu sehingga
menyeretnya ke dalam perubahan yang tidak antisipatif.
Akhirnya, pada Senin
Pon, 24 Dzul Qo’dah 1431 H bertepatan dengan 1 November 2010 TU Ma’had
Qudsiyyah Menara Kudus berdiri dan diresmikan oleh Nadhir Qudsiyyah, KH.
Sya’roni Achmadi.
ORIENTASI DAN
TUJUAN
- Terwujudnya pesantren sebagai pusat studi ilmu fiqh salaf dan kontemporer
- Tumbuh dan berkembangnya generasi fiqh yang mempunyai pemahaman utuh terhadap khazanah klasik yang mempunyai kesalehan ritual dan sosial.
- Terbentuknya peradaban Islam yang komprehensif, universal, egaliter, kontekstualis, dinamis dan organis
PRESTASI MA’HAD QUDSIYYAH
NO
|
TAHUN
|
PRESTASI
|
KETERANGAN
|
1.
|
2010
|
-
Terpilih
dalam 30 pesantren seluruh Indonesia yang mendapatkan pelatihan animasi oleh KEMENAG RI (M. Jamal Alwi)
|
Kegiatan pelatihan animasi dilaksanakan pada Januari –
Desember 2011
|
2.
|
2011
|
-
Juara
I MQK kategori Hadist Wustho (M. Nasirul Haq)
-
Juara
III MQK kategori Tafsir Wustho (M. Rifa’i)
-
Juara
III MQK kategori Balaghoh Ulya (M. Miftahuddin)
|
Musabaqah Qira’atul Kutub
(MQK) tingkat kabupaten Kudus dilaksanakan pada 13 Juli 2011 di Pendopo
Kabupaten Kudus.
|
3.
|
2011
|
-
Juara
Umum Persada tahun 2011
-
Juara
I pidato bahasa arab Persada (Khotibul Umam)
-
Juara
I cerdas cermat Persada (M Nasir, Zidni, Latif)
-
Juara
I kreasi musik islami Persada
|
Perkemahan santri pondok
pesantren daerah (persada) kabupetan Kudus tahun 2011 dilaksankan di Kajar
Kudus pada 15-16 Oktober 2011
|
4.
|
2012
|
-
Juara
I LCC Persada 2012
-
Juara
II Pionering Persada 2012
-
Juara
III Aral Lintang Persada 2012
-
Juara
III Teknologi Tepat Guna Persada 2012
|
Perkemahan santri pondok
pesantren daerah (persada) kabupetan Kudus tahun 2012 dilaksankan di Taman
sardi Kajar Kudus pada 14-15 Juli 2012
|
5.
|
2012
|
-
Juara
III LKTI SE-JATENG UNWAHAS (M. Zidni Nafi’)
|
4 September 2012
|
6.
|
2012
|
-
Sepuluh
Besar Artikel Nasional Writing Competision Hatta Rajasana (M Zidni
Nafi’)
|
25 Agustus 2012
|
7.
|
2012
|
-
Juara
I LKTI se- Eks Karesidenan Pati, Dies Natalis STAIN KUDUS (M Zidni Nafi’)
|
20 April 2012
|
8
|
2012
|
-
Juara
II LKTI Jawa Tengah, SMA 1 Kudus (M Zidni Nafi’)
|
5 Mei 2012
|
9
|
2012
|
-
Juara II LKTI Santri Week 2012
UGM CSS MoRA UGM se-Jawa (M Zidni Nafi’, M. Miftahuddin)
|
Di Sleman UGM, 15 Desember 2012
|
SARANA PRASARANA
NO
|
SARANA
|
JUMLAH
|
KONDISI
|
1
|
Asrama/gedung
|
2 buah
|
1 Baik 1 kurang baik
|
2
|
Aula/Musholla
|
1 buah
|
Baik
|
3
|
Ruang Pembelajaran
|
4 buah
|
Baik
|
4
|
Kamar Santri
|
5 buah
|
Baik
|
5
|
Kamar Tamu
|
-
|
-
|
6
|
Kamar Musrif
|
1 buah
|
Baik
|
7
|
Ruang Makan/Dapur
|
1 buah
|
Kurang Baik
|
8
|
Ruang Tamu
|
1 buah
|
Baik
|
9
|
Kantor
|
1 buah
|
Baik
|
10
|
Kamar Mandi
|
10 buah
|
4 Baik 6 kurang baik
|
DAFTAR USTADZ MA’HAD QUDSIYYAH
Al-Muhadlirun
(Ustadz Dauriyah /Temporer)
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
|
1.
|
KH. M.A. Sahal Mahfudh
|
Pati Jawa Tengah
|
|
2.
|
KH. Maimun Zubair
|
Sarang Rembang
|
|
3.
|
KH. Mustofa Bisri
|
Rembang Jawa Tengah
|
|
4.
|
KH. Aniq Muhammadun
|
Pati Jawa Tengah
|
|
5.
|
Prof. DR. Machasin, MA
|
Jakarta
|
|
6.
|
Prof. H. Abdurrahman Mas‘ud, Ph.D
|
Jakarta
|
|
7.
|
Drs. H. Malik Madani, MA
|
Yogjakarta
|
|
8.
|
Prof. H. Abdul Djamil, MA
|
Semarang
|
|
9.
|
Prof. DR. H. Khatibul Umam, MA
|
Jakarta
|
|
10.
|
Prof. DR. H. Muslim A. Kadir, MA
|
Kudus
|
|
11.
|
DR. Sa’dullah Assa’idy, MA
|
Jepara
|
|
12.
|
Drs. H. Abu Hafsin, Ph.D
|
Semarang
|
|
13.
|
Drs. H. Ahmad Hakim, Ph.D
|
Semarang
|
|
Al-Mudarisun (Ustadz Harian)
NO
|
NAMA
|
KET
|
PENDIDIKAN
|
1
|
KH. M. Sya'roni Ahmadi
|
Pengasuh
|
Ponpes
|
2
|
Drs. H. Em
Nadjib Hassan
|
Ustadz
|
S.1 IAIN
|
3
|
H. Noor Halim
|
Ustadz
|
Ponpes
|
4
|
H. Fathur Rahman, BA.
|
Ustadz
|
Sarmud IAIN, Ponpes
|
5
|
Noor Kholis, S.Ag.
|
Ustadz
|
S.1 Undaris
|
6
|
H. Nur Hamid
|
Ustadz
|
Ponpes
|
7
|
H. M. Saifuddin Luthfi
|
Ustadz
|
Ponpes
|
8
|
H. M. Yusrul
Hana, S.Ag.
|
Ustadz
|
S.1 Un. Ibrohimi, Ponpes
|
9
|
H. Ahmad Asnawi
|
Ustadz
|
Ponpes
|
10
|
Muqorrobun, S.Pd.I
|
Ustadz
|
S.1 UWH, Ponpes
|
11
|
DR. Abdul Jalil, M.E.I
|
Ustadz
|
S.3 IAIN, Ponpes
|
12
|
Naf’an
|
Ustadz
|
Ponpes
|
13
|
Fauzul Hakim
|
Ustadz
|
S.1 UWH, Ponpes
|
14
|
Taufiq Aulia Rahman, M. Pd.I
|
Ustadz
|
S.2 Un. Ibrohimi, Ponpes
|
15
|
Aunur Rahman
|
Ustadz
|
Ponpes
|
16
|
Ali Makshum, S.Pd.I
|
Ustadz
|
S.1 UWH, Ponpes
|
17
|
Nurul Adha, S.Pd.I
|
Ustadz
|
S.1 UWH, Ponpes
|
18
|
H. Abdul Rosyad
|
Ustadz
|
Ponpes
|
19
|
H. Asfal Maula, S.Pd.I
|
Ustadz
|
S.1 UIN, Ponpes
|
20
|
Nur Amin
|
Ustadz
|
Ponpes
|
21
|
Abdurrahman
|
Ustadz
|
Ponpes
|
22
|
M. Syukron
|
Ustadz
|
Ponpes
|
23
|
M. Kharis, S.Ud
|
Ustadz
|
S.1
|
24
|
Marwoto
|
Ustadz
|
Ponpes
|
25
|
M. Muharror
|
Ustadz
|
Ponpes
|
26
|
Amin Wahyudi
|
Ustadz
|
Ponpes
|
27
|
Isbah kholili, S.Pd.I
|
Ustadz
|
S.1 dan Ponpes
|
28
|
H. Syukron
|
Ustadz
|
Ponpes
|
29
|
M. Jalal
|
Ustadz
|
S.1
|
30
|
M. Shofiyuddin
|
Ustadz
|
S.1
|
DAFTAR MATERI DAN KITAB PEGANGAN
MATERI POKOK (AL-MADDAH AL-ASASIYAH)
NO
|
MATERI
|
KITAB STANDAR
|
1.
|
Fiqh al-lughah
|
الفية ابن مالك
|
2.
|
Fiqh al-‘Ibadah
|
منهاج العابدين
|
3.
|
Fiqh al-Mu’amalah
|
فتح المعين
|
4.
|
Fiqh al-Munakahah
|
فتح الوهاب
|
5.
|
Fiqh al-Jinayah-Siyasah
|
الاحكام السلطانية
|
6.
|
Ushul Fiqh
|
علم اصول الفقة
|
7.
|
Qawa’id al-Fiqh
|
المدخل إلى القواعد الفقهية
|
MATERI PENUNJANG (AL-MADDAH
AL-IDHAFIYAH)
NO
|
MATERI
|
KITAB STANDAR
|
1.
|
Tafsir Ahkam
|
روائع البيان
|
2.
|
Hadits Ahkam
|
ابانة الاحكام
|
3.
|
Ilmu Tashawwuf
|
شرح الحكم
|
4.
|
Ilmu Falak
|
|
5.
|
Sirah Nabawi
|
فقه السيرة
|
6.
|
Fiqh Mu’ashirah
|
الفقه الاسلامى وادلته
|
7.
|
Masa’il Fiqhiyah
|
|
MATERI PENDUKUNG (AL-MADDAH
AL-MUSAIDAH)
NO
|
MATERI
|
KITAB STANDAR
|
1. |
Bahasa
Arab Praktis
|
|
2. |
Bahasa
Inggris Praktis
|
|
3. |
ICT
|
|
4. |
Metodologi Penulisan
|
|
STRUKTUR PERSONALIA MA’HAD QUDSIYYAH
Majelis Syura/Penasehat :
1. KH. Drs. Em. Nadjib Hassan
2. KH. Nur Halim
3. KH. Saifuddin Lutfi
4. KH. Nur Hamid
5. KH. Ahmad Asnawi
Pengasuh : KH.M.
Sya’roni Ahmadi
Mudir : KH. Fathur Rahman, BA
Naib Mudir :
KH. M. Yusrul Hana, S. Ag
Katib :
DR. Abdul Jalil, M. E.I
Wakil Katib : Taufiq Aulia Rahman, M.H.I
Ketatausahaan :
Muhammad Kharis, S.Ud
Bagian Kesantrian : Noor Kholis, S. Ag
Bagian Sarana pra sarana :
M. Syukron
LOKASI MA’HAD
Kantor pusat Ma’had Qudsiyyah sekaligus asrama I berlokasi di Jl. KHR Asnawi, Gang Kerjasan, Kelurahan Kerjasan, Rt: 02/Rw: 02, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Sedangkan asrama II berada di kelurahan Damaran Rt: 05/Rw:03. Adapun bangunan Ma’had menempati tanah Hak Milik Wakaf Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah Menara Kudus dengan ukuran luas 1500 meter persegi.
Kontak:
website: Ponpes. Al-Qudsiyah
Komentar
Posting Komentar