Pesantren Nurul Arifin Jiput Pandeglang Banten

Pondok Pesantren Nurul Arifin Kadutomo Jiput Kabupaten Pandeglang berdiri pada tahun 1989 merupakan lembaga pendidikan terpadu. Disamping memberi pelajaran keagamaan seperti lazimnya pondok pesantren, juga memberi pelajaran yang berorientasi pada kurikulum Pendidikan Nasional. Pagi hari Siswa / Siswi sekolah di Lembaga Formal ( Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah ) Pada sore hari mereka harus mengikuti pelajaran keagamaan yang berorientasi pada kurikulum pesantren. 

Pondok Pesantren Nurul Arifin dengan sistem seperti ini dimaksudkan untuk membantu / mengurangi beban tanggung jawab orang tua yang menginginkan anaknya memiliki dasar-dasar keagamaan dan juga memiliki Ilmu Pengetahuan Umum. Bahkan Pondok Pesantren Nurul - Arifin adalah satu-satunya Pendidikan Formal non Formal yang berbasis Pesantren yang ada di Kecamatan Jiput.

Pondok Pesantren Nurul Arifin didirikan sebagai tuntutan dari kebutuhan masyarakat yang mendambakan adanya sebuah lembaga yang dapat memadukan antara dua unsur pendidikan, keagamaan dan pendidikan umum. Oleh karena itu atas inisiatif dan prakarsa KH. E.Chudlarie Muslich BA beserta tokoh-tokoh masyarakat Jiput dan sekitarnya, maka didirikanlah Pondok Pesantren Nurul-Arifin. Disamping itu juga untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat Jiput dan sekitarnya yang didalamnya terdapat tiga lembaga pendidikan antara lain; Madrasah Diniyah Nurul-Arifin, Madrasah Tsanawiyah Nurul-Arifin dan Pondok Pesantren Nurul-Arifin. Setiap Madrasah / lembaga juga menyediakan pengembangan intelektualitas dan pendalaman kitab kuning ( klasik ).

Didirikannya Pondok Pesantren Nurul Arifin sebagai respon terhadap kebutuhan masyarakat yang sangat besar atas adanya sebuah lembaga yang bernuansa alam pesantren yang berperinsip pada : المحا فظة على القديم الصا لح و الاخذ الجديد الا صلح yaitu melestarikan budaya - budaya lama yang sudah tentu baik dan mencari metode-metode baru yang lebih maslahat sesuai dengan perkembangan zaman. Al-Muhafadzoh direlisasikan dengan dibudayakannya sistem Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) dengan kegiatan keagamaan dengan mengadakan pengajian sorogan atau pasaran yang bertumpu pada kitab-kitab gundul ( klasik ) sedangkan al-Akhdzu direlisasikan dengan adanya kegiatan pendidikan umum baik formal maupun non formal.

Pondok Pesantren Nurul Arifin melaksanakan sistem pendidikan terpadu dalam waktu 24 jam dengan metode pendidikan salafy yang identik dengan sarung, baju koko, kopyah dan tasbih akan tetapi selalu mempunyai prilaku yang ramah tamah, berakhlaqul karimah dan kepekaan sosial yang tinggi disamping itu juga membina seluruh santriawan dan santriawati untuk mempunyai kreatifitas, skill dan penguasaan ilmu-ilmu keagamaan dan ilmu pengetahuan yang dapat mencetak generasi-generasi yang berwawasan IPTEK dan IMTAQ.

Pondok Pesantren Nurul Arifin ingin berperan serta mencerdaskan bangsa bersama - sama pemerintah dengan mengedepankan al-Uswah al-Hasanah dalam menerapkan pendidikan dengan bertujuan membentuk generasi-generasi yang dapat diterima ditengah-tengah masyarakat dan memberikan manfa’at pada orang lain baik dalam keilmuan atau pengabdian yang berlandaskan pada sebuah Hadits ; خير الناس انفعهم للناس "Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang dapat memberi manfa’at kepada orang lain ” oleh karena itu Pondok Pesantren Nurul Arifin memfokuskan pada pembinaan keilmuan dan akhlakul karimah.

Nama dan Alamat Pesantren
Pondok Pesantren Nurul Arifin berlokasi di Jl. Raya Menes - Jiput Km 04 Kadutomo Jiput 42263 Pandeglang Provinsi Banten Tlp. ( 0253 ) 501423 / Hp. 0817132072

Tenaga Pengajar
Tenaga pengajar yang berada di Pondok Pesantren Nurul-Arifin bersal dari Pesantren Jawa - Timur ( Pondok Pesantren Nurul-Jadid, Lirboyo, Tebu Ireng), Pondok Pesantren Darul-Rahman Jakarta, Leuwi Liang Bogor, IAIN JAKARTA serta Perguruan Tinggi lainnya.

Sarana Prasarana
Adapun sarana prasarana yang berada di Pondok Pesantren Nurul Arifin :
- Ruang belajar 9 kelas ( permanen )
- Asrama Siswa / Siswi ( seni permanen )
- A u l a ( terbatas )
- Lab. Komputer ( Sofware & Hadware System Vesto Handing & Vesto Hendic )
- Lab. Bahasa 
- Musholla ( darurat )
- Perangkat alat olah raga ( kurang melengkapi ) 
- Dan lain-lain

Kurikulum Pondok Pesantren
  1. Pondok Pesantren Nurul Arifin bersifat kompetensi unggulan diantaranya :
  2. Melaksanakan pendidikan formal maupun non formal dalam waktu 24 jam 
  3. Di asramakan
  4. Istighotsah
  5. Pengajian Kitab Kuning ( Klasik )
  6. Percakapan bahasa Asing ( Arab-Inggris )
  7. Muhadloroh ( khitobah / ceramah )
  8. Kaliligrafi 
  9. Pencak Silat
  10. Dan sebagainya ( kegiatan-kegiatan yang ada di pesantren ) 






 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?