Pondok Pesantren Bantu Pembentukan Karakter Seseorang

Sampang : Dengan banyaknya pondok pesantren yang ada di wilayah Pulau Madura, secara langsung dapat membantu membentuk sebuah karakter yang baik terhadap warga masyarakatnya, karena pembentukan karakter yang baik memang sangat diperlukan oleh setiap orang. Jika pembentukan karakter tersebut tidak tergarap, maka mereka tidak akan memiliki kehidupan yang baik dan tidak menghargai satu sama lain.

Hal itu diutarakan Ketua Dewan Pendidikan Sampang Ali Daud Bey, Minggu (18/11/12). Menurut dia, dengan banyaknya pondok pesantren di wilayah Madura memang sangat membantu dalam membentuk dan menumbuhkan karakter yang baik. Pasalnya, pembentukan karakter di pesantren dilakukan setiap hari, dan kemana pun seoarang santri melangkah.

“Jadi, dengan banyaknya pondok pesantren ini, pendidikan karakter itu masih tergarap. Beruntung di Madura ini masih banyak pesantren,” jelas Daud, Minggu (18/11/12).

Menurut Daud, walaupun seseorang sudah memiliki kecerdasan yang tinggi tetapi karakternya masih kurang, mereka tidak akan memanfaatkan kecerdasannya dengan baik. Bahkan, kadang ia menggunakan kecerdasan tersebut kepada hal-hal buruk sehingga merugikan orang lain.

Oleh karena itu, dengan pembentukan karakter, pendidikan di pondok pesantren dapat membantu membentuk karakter seseorang menjadi lebih baik, dan di masa hidupnya akan selalu berguna kepada orang lain. (Surpiadi/HF)(Editor : Heri Firmansyah)


Post: RRI
Repost: Pengurus Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PP-RMI-NU)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?