Pesantren Sukses Kembangkan Koperasi

RMI-NU- Sejak 2007 hingga sekarang, Pondok Pesantren Al-Huda Turalak Baregbeg, Ciamis, Jawa Barat, telah merintis budi daya ikan gurame air tawar. 

Gurame yang dikembangkan di Al-Huda bukan penjualan ikannya, melainkan pembenih an sampai ikan berukuran sebesar kotak korek api. 

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Huda Turalak Baregbeg, Ciamis, Jawa Barat, KH Deden Abdul Aziz, mengatakan proses ini membutuhkan waktu lebih singkat sekitar sebulan sampai dua bulan. “Setelah itu, dijual. Keuntungannya bisa sampai Rp 20 juta per bulan,” ujarnya.

Pada 2005, KH Deden mengembangkan keterampilan perkayuan dan pertukangan melalui Koperasi Pesantren SMK Pesantren Al-Huda Turalak Ciamis. Usaha mebel ini berkembang pesat. 

Pada 2010, kopontren mendapat pesanan senilai dari Rp 1 miliar penyediaan mebel untuk 100 sekolah. Setahun kemudian (2011), angkanya berkurang sekitar Rp 700 juta untuk proyek sekolah. Omzet dari usaha perikanan dan mebel per tahun bisa mencapai sekitar Rp 1 miliar.

Usaha yang dikelola pondok pesantren ini ditularkan pula kepada masyarakat. Akhir Maret lalu, diadakan Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pesantren di Pondok Pesantren Al-Huda selama empat hari. Pesertanya 30 orang dari tiga elemen, yaitu santri Al Huda, sepuluh santri pondok lain, dan sisanya masyarakat. 

“Dengan komposisi ini diharapkan penguatan ekonomi masyarakat dengan pesantren sebagai lokomotifnya,” kata Deden. 

Dalam waktu dekat program yang akan dibuka, yaitu bengkel kendaraan bermotor. Sedangkan jangka panjang, pengembangan pada multimedia dan keterampilan lainnya karena tidak semua santri tertaik perikanan, pertukangan, atau perbengkelan. (post: Republika.co.id/repost: Pimpinan Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama)

Berita Lainnya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?