Pesantren Jagat 'Arsy: Wawasan Global Berbasis Spiritual

Masjid Pesantren Jagat 'Arsy - Image Pesantren Jagat Arsy -  syndication: www.rmi-nu.or.id
Masjid Pesantren Jagat 'Arsy - Image Pesantren Jagat Arsy -
syndication: www.rmi-nu.or.id
Pesantren Internasional Jagat 'Arsy adalah sebuah sekolah Islam berasrama bernuansakan alam. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, kurikulum yang digunakan di Pesantren Internasional Jagat 'Arsy merupakan perpaduan antara kurikulum nasional dengan kurikulum kepesantrenan (keislaman) berwawasan global, yang bertujuan untuk mewujudkan visi Pesantren Internasional Jagat 'Arsy "Melahirkan sumber daya manusia masa depan yang religius, saintis, berjiwa entrepreneur, berwawasan internasional, dan cinta lingkungan".

Alamat          : Jl. PAM Rawa Mekar Jaya, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Phone            : +6221-53157966
Pengasuh     : KH. Budi Rahman Hakim
Direktur       : Amaniah Rahman Hakim



Pendaftaran Santri Pesantren Jagat 'Arsy

VISI DAN MISI 

Visi Pesantren Jagat 'Arsy:
"Melahirkan sumber daya manusia masa depan yang religius, saintis, berjiwa entrepreneur, berwawasan internasional, dan cinta lingkungan"

Misi, Ditopang dengan Tiga Misi Utama:


  1. Menciptakan suasana pendidikan kepesantrenan yang sejuk dan "membebaskan" dengan memberikan ruang kreativitas, kritisisme, entrepreneurship, dan berwawasan internasional.
  2. Mengimplementasi kurikulum integral antara muatan peneguhan moral spiritual, tradisi keilmuan Islam klasik, dan kompetensi dasar-dasar saintis-modern-internasional melalui sistem asrama (boarding) melalui penerapan manajemen pendidikan Islami yang sistemik, terencana, dan terkontrol.
  3. Menjalankan sistem pendidikan praktis bagi persiapan keimanan, ketakwaan, dan akhlaqul karimah dengan penanaman semangat riset, etos intelektual, dan inovasi teknologi.

FILOSOFI DAN SISTEM PENDIDIKAN

Filosofi
Pendidikan merupakan sarana "pembebasan" bagi peserta didik agar mampu melesatkan aneka kecerdasan secara maksimal, dengan filosofi dasar meliputi prinsip pengajaran learning is fun, contextual learning, research study, serta quantum learning.

Sistem Pendidikan
  • Sistem pembelajaran boarding school atau asrama merupakan paket terpadu antara materi, amalan keagamaan serta dasar-dasar saintis dengan memanfaatkan sumber pembelajaran berbasis alam danInformacion and Communication Technology (ICT). Perangkat serta aksesoris bangunan dan perangkat belajar siswa disesuaikan dengan nuansa alam namun full IT (information technology).
  • Sistem pembelajaran merangsang daya kritis, entrepreneurship, dan berwawasan global serta berusaha mengembangkan multiple intelligences(kecerdasan bertingkat), seperti kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan jasmaniah-kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan intrapersonal.
  • Sistem pendidikan ketauladanan menuntut seluruh insan edukatif menjadi teladan yang baik (uswah hasanah) dalam manajerial, keagamaan, dan keilmuan. Melalui sistem pendidikan sekolah asrama, berbasis alam, IT, dan religius, diharapkan terjadi keseimbangan antara kecerdasan spiritual (SQ), kecerdasan intelektual (IQ), dan kecerdasan emosional (EQ) secara integral dan kontekstual.

KARAKTERISTIK PESANTREN JAGAT 'ARSY

  • Jagat 'Arsy tidak semata-mata menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan pemahaman dan penghayatan agama (tafaqquh fii al-diin) saja, tetapi juga mencakup peningkatan penguasaan sains dan teknologi, dengan prinsip integrasi ilmu.
  • Sistem pembelajaran boarding school atau berasrama merupakan paket terpadu antara materi, amalan keagamaan serta dasar-dasar saintis dengan memanfaatkan sumber pembelajaran berbasis alam dan teknologi komunikasi dan informasi (ICT).
  • Sistem pembelajaran yang merangsang daya kritis, entrepreneurship, dan wawasan global serta pengembangan multiple intelligences siswa (kecerdasan bertingkat).
  • Sistem pendidikan berdasarkan ketauladanan menuntut seluruh insan edukatif menjadi teladan yang baik (uswah hasanah) dalam hal manajerial, keagamaan dan keilmuan.
  • Pendidikan Cinta Lingkungan: Lingkungan pesantren dan suasana sekolah yang didesain dalam nuansa alam bukanlah sesuatu yang tanpa alasan. Jagat 'Arsy membekali siswa dengan wawasan cinta lingkungan untuk tetap menjaga dan melestarikan bumi dengan praktik bercocok tanam secara langsung.


KURIKULUM PESANTREN JAGAT 'ARSY

Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, yakni, konten kurikulum yang berasal dari Depdiknas sesuai dengan jenjang pendidikan; Kurikulum Muatan lokal, yakni konten kurikulum untuk mengembangkan wawasan serta mental go global, penanaman pencintaan alam dan wawasan lingkungan, life-skills, pencarian aneka minat dan bakat anak-anak (seni, olahraga, dan hobi), bahasa, dan jurnalistik berbasis IT (information technology); Kurikulum Keagamaan, yakni kurikulum kepesantrenan yang banyak memandu memupuk keimanan, ketakwaan, dan akhlak santri.


Struktur Kurikulum

  • Kurikulum penguatan dasar-dasar logika sains (natural science) dan spirit penelitian terdiri dari Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan media lingkungan alam di dalam dan luar sekolah, agar peserta didik mempunyai semangat penelitian dan logika dasar penelitian sains;
  • Kurikulum humaniora (social science) yaitu Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), agar peserta didik mempunyai dasar-dasar analisis logika sosial, serta mempunyai komitmen perubahan sosial yang baik;
  • Kurikulum wawasan keagamaan (kepesantrenan), terdiri dari penguatanakhlaqul karimah, yaitu baca tulis Qur'an dan praktek ibadah, diharapkan peserta didik mempunyai komitmen keagamaan yang baik;
  • Kurikulum berorientasi pada penguasaan teknologi informasi (IT) melalui program "one student one iPad";
  • Kurikulum dan Program Internasional (overseas program) berupa country visit dan student exchange sebagai bentuk dalam pengembangan wawasan global di tengah agenda kerja lokal.

KEKHASAN DALAM PEMBELAJARAN

  • Pembelajaran ilmu-ilmu diiniyah yang bersumber pada kitab kuning dan diajarkan pada jam pelajaran di kelas, serta menerapkan metode Quantum Learning berbasis IT dan Multimedia.
  • Pembelajaran sains dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual dan ditunjang kegiatan di luar kelas, melalui kegiatan belajar kelompok, kegiatan mandiri/individual, dan berbagai eksperimen terbimbing.

  • Pembelajaran IT dan bahasa diefektifkan melalui praktek yang intensif dan akses yang luas terhadap berbagai sumber belajar.
  • Kegiatan siswa di asrama (di luar jam belajar di kelas) dilaksanakan secara terprogram, dibimbing oleh para pengasu dengan orientasi pembiasaan riyadhoh (riyadhoh bathiniyah) dan pengembangan budaya hidup disiplin.


KEGIATAN UNGGULAN

  1. Bimbingan riyadhoh
    Bimbingan riyadhoh dilaksanakan setiap hari melalui kegiatan shalat wajib berjamaah, shalat dhuha, dzikir ba'da shalat, puasa wajib, puasa sunnah, shalat malam dan dzikir malam hari.
  2. Pengajaran Al-Qur'an dan kitab kuning
    Pengajaran Al-Qur'an dan kitab kuning dilaksanakan pada jadwal yang telah ditetapkan (yaitu pada Mata Pelajaran Kepesantrenan), diasuh oleh Ustadz/ah yang memang kompeten dalam mengajarkan Al-Qur'an dan kitab kuning dengan metode yang inovatif hasil rancangan guru Jagat 'Arsy International Boarding School, dan dengan memanfaatkan teknologi multimedia.
  3. Pengajaran penggunaan bahasa Inggirs dan bahasa Arab
    Pengajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, selain mengambil waktu jam pelajaran reguler sesuai jadwal yang telah ditetapkan, juga dilaksanakan melalui berbagai kegiatan tambahan: Klub Percakapan, Parade Pidato, Pembacaan Dongeng, Membuat Sinopsis Buku, dan Latihan Menulis. Kegiatan ini didukung dengan pemanfaatan teknologi multimedia.
  4. Pengembangan bakat siswa
    Pengembangan bakat siswa dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pihak sekolah secara reguler memfasilitasi momen ekspresi siswa, seperti lomba, panggung seni, olahraga, dan semacamnya.
  5. Live In dan Out Bond
    Kegiatan Live In (hidup bersama komunitas) dilakukan secara reguler, dan dilaksanakan oleh siswa untuk seluruh jenjang, dengan modifikasi kegiatan sesuai taraf tumbuh kembang kognitif dan psikologis siswa. Sebagai variasi menu dalam penumbuhan kemandirian dan pengasahan rasa kepedulian sosial, secara reguler juga diselenggarakan Out Bond siswa.
  6. Pengembangan Keterampilan Vokasional
    Pada jenjang SMP, pengembangan keterampilan vokasional dilakukan melalui pengembangan keterampilan individual yang akan menjadi bekal kemandirian siswa di masa depan (speed reading, memasak, membaca dan menulis Arab, dll.). Pada jenjang SMA, pengembangan keterampilan vokasional dilakukan melalui pelatihan keterampilan yang berorientasi pada penanaman kemandirian ekonomi siswa di masa depan (produksi kerajinan, menulis, percetakan, dll.).
  7. Studium General
    Sebagai sarana untuk memperkaya khazanah pengalaman siswa, merekatkan siswa dengan orang tuanya sendiri atau sesama orang tua siswa, sekaligus untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh orang tua siswa, diselenggarakan kegiatan talkshow yang menghadirkan orang tua siswa sebagai pembicara.
  8. Field Trip
    Untuk membantu para siswa mengenal daerahnya sekaligus memahami dinamika pembangunan daerah, dilaksanakan pembelajaran pembangunan melalui kegiatan riset individu/kelompok berbentuk obsevrasi, wawancara, studi literatur, dan Wisata Pendidikan, dalam bentuk kunjungan kepada tempat tertentu yang mencerminkan salah satu dinamika pembangunan daerah, dengan didampingi oleh pemandu profesional.
  9. Studi luar negeri
    Pelaksanaan ibadah umroh untuk meningkatkan kesadaran beragama siswa. Juga mengunjungi negara lainnya. Sebagai ajang bagi siswa untuk mengimplementasikan kemampuan akademik dan bahasa, serta menambah wawasan internasional sekaligus pengenalan budaya Indonesia ke dunia luar.
  10. Love our earth
    Setiap siswa akan mendapat kepercayaan untuk menanam satu pohon, bunga, buah maupun tanaman lain yang disukainya. Selain untuk penghijauan, dengan program ini pada waktu yang sama ketelatenan, ketekunan dan kepedulian siswa akan terlatih.


JADWAL KEGIATAN HARIAN SANTRI

WAKTUKEGIATAN
04.00 - 05.00Tahajud, sholat Shubuh
05.00 - 05.30Tafsir / Tahfizh / Muraja'ah / Muhadatsah / Olahraga
05.30 - 06.15Persiapan sekolah
06.15 - 06.45Sarapan
06.45 - 07.00Apel pagi
07.00 - 10.00Aktivitas sekolah
10.00 - 10.30Istirahat
10.30 - 12.45Aktivitas sekolah
12.45 - 14.00Sholat Zhuhur, makan siang, istirahat
14.00 - 15.30Pengayaan
15.30 - 16.00Sholat Ashar
16.00 - 17.30Olahraga / ekstrakurikuler
17.30 - 18.00Persiapan Maghrib
18.00 - 19.30Sholat Maghrib, makan malam
19.30 - 20.30Sholat Isya, konseling
20.30 - 22.00Belajar mandiri
22.00 - 04.00Istirahat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?