PP RMI Terbitkan "Jurnal Rabithah"


Pimpinan Pusat Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia atau Rabithah Ma’ahid Islamiah (RMI), salah satu lembaga di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) telah menerbitkan media khusus bernama Jurnal Rabithah. Pada edisi perdana kali ini Jurnal Rabithahmengangkat topik, “Awan Cerah Ekonomi Syariah di Pesantren.”
Menurut Pimpinan Redaksi Jurnal Rabithah, Sulthan Fatoni, tema ini sengaja diangkat untuk merespons masukan Ketua PP RMI, KH. Mahmud Ali Zain, yang akan memulai program pengembangan potensi ekonomi pondok pesantren. “Pada edisi pertama ini kami memilih tema kajian yang kontekstual dengan program PP RMI, yaitu pengembangan potensi ekonomi pesantren,” katanya di Jakarta, Rabu (21/3).
Jurnal Rabithah akan mengembangkan diri sebagai sarana eksplorasi intelektualitas santri pondok pesantren. “Program capaian kami ke depan adalah menciptakan sarana komunikasi antar pesantren, pengurus dan warga nahdliyin dengan PP RMI. Yang tidak kalah pentingnya adalah upaya eksplorasi intelektualitas santri. Jadi para santri dapat memanfaatkan Jurnal ini untuk menyosialisasikan gagasannya,” kata Sulthan.
Sulthan menambahkan, pada edisi berikutnya, Jurnal Rabithah akan mengangkat tema pendidikan di lingkungan pesantren. Dikatakan, sekarang ini pendidikan di pesantren semakin berwarna, tidak melulu kitab kuning.
Pemimpin Perusahaan Jurnal Rabithah, H. Abdullah Masud mengatakan, jurnal Rabithah diterbitkan dengan segmen pasar para santri pondok pesantren dan kalangan akademisi.
“Melihat bobot tulisan, saya yakin Jurnal ini marketable, meski tidak seperti kacang goreng.” Namun menurut Masud, belajar dari edisi pertama, masih harus ada beberapa perbaikan. “Secara keseluruhan Jurnal Rabithah sudah layak edar,” katanya optimis.
Jurnal Rabithah akan diedarkan ke semua PP RMI dan beberapa pondok pesantren. Jurnal akan dibagikan gratis ke Pimpinan Wilayah RMI dan beberapa pondok pesantren. Khusus untuk edisi pertama juga akan dibagikan gratis kepada santri peserta pelatihan lembaga keuangan mikro yang mulai akan diadakan pada bulan April mendatang. (rmi/nam)

Post: NU Online, 21-03-2007
Repost: Pengurus Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PP RMI NU)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muqaddimah Pidato/Ceramah di Kalangan Nahdlatul Ulama

Membaca Wirid Dan Doa Setelah Shalat

BENARKAH KEPUTUSAN MUKTAMAR NU I DAN KITAB I’ANAT ATH-THALIBIN MELARANG TAHLILAN?